Alpukat

Senangnya memetik hasil menanam sendiri…

Belasan tahun yang lalu, iseng-iseng saya menanam bijih alpukat di depan rumah. Karena waktu itu saya masih kecil, maka saya lakukan dengan penuh semangat dan suka cita, siapa tahu biji itu kelak menjadi pohon besar, berbuah, dan kemudian saya makan. hehe

Beberapa bulan setelah itu, tanaman itu setinggi kaki. Tanaman itu dipindah Bapak dari pot ke tanah yang lebih luas, di kebon selatan, biar akar tumbuh semau dia. Hehe. Tahun demi tahun saya putus asa, kenapa pohonnya sudah gedhe tapi belum juga berbuah.

Nah…kira-kira 2 bulan yang lalu, untuk pertama kalinya saya baru menikmati buah alpukat hasil yang saya tanam dulu. Memang pada awalnya buah belum banyak, hanya 1-2 saja. Tapi kali ini, sudah jauh lebih banyak. Bahkan ketika saya menghitung langsung dari pohonnya, pada hitungan ke-20 saya sudah bingung buah mana saja yang sudah saya hitung. Hehe

Puas sekali rasanya bisa menikmati buah yang saya tanam sendiri, walaupun rasanya juga tak terlalu memuaskan.(tapi gedhe-gedhe lhoo..) Apapun yang kita tanam selama hal itu positif, pasti akan mendatangkan manfaat.

Alpukat memiliki beberapa khasiat bagi tubuh kita. Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak. Kadarnya lebih dari dua kali kandungan lamak durian. Walaupun demikian, lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasi asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang antioksidan kuat. Lemak alpukat membantu menurunkan kadar koresterol jahat (LDL) dan menaikkan koresterol baik (HDL), sehingga secara nyata menekan resiko stroke dan serangan jantung. Dan masih banyak manfaat lainnya..

~ by iradunxz on February 4, 2009.

7 Responses to “Alpukat”

  1. bagi-bagi dunxs mbak

  2. ya besok kalo dah mateng2…
    Ta kasi deh sekelas elti..
    hehe.. tapi masi banyak yang ngantri…hehe…

  3. yang dikasih yang memberi comment di blog ini saja, he he he

  4. udah aq bikin jus,
    Kenyang… Hehe..,
    Thank you so much..

  5. hehe, asal jangan banyak2…bisa endut low..hehe

  6. Wow… Aku juga punya alpukat.. Tuch ada depan rumah, ada yang mau gak…?
    Tp sayng dah habis… Wakakakak

  7. @ opick : Sama..t4ku juga dah habis di pohon.
    Hmm…kapan ya bisa panen lagi…asik juga lowh panen sendiri.hehe

Leave a Reply

 
